Gelar Bimtek, KPU Pesbar Ingatkan Kunci Suksesi Pemilu

rEposisi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pada hari ini, Kamis (9/7) di Sunset Beach Hotel Walur.

Pada kesempatan yang dihadir kelima komisioner (Marlini, Ramzi, Marten Efendi, Zairi Opani, dan Azwan Feri) ini, KPU Pesbar mengingatkan kunci sukses penyelenggaraan pemilu.

“Sukses atau tidaknya pemilu salah satunya diawali dengan pemukhtahiran data pemilih (pantarlih).Jadi dalam melakukan pantarlih ini diharapkan betul agar rekan-rekan penyelenggara ditingkat adhock dan operator harus menyajikan data dengan teliti dan akurat,” kata Ketua KPU Pesbar, Marlini dalam Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati 2020.

Bimtek yang diikuti seluruh PPK di 11 Kecamatan Pesbar dan operator ini juga diharapkan, agar memahami betul mekanisme dan proses coklit (pencocokan dan penelitian) yang sebentar lagi akan dilakukan.

“PPK memiliki peran strategis dalam melakukan pantarlih nanti begitu juga dengan coklit. Jadi, pantarlih ini menjadi tanggungjawab bersama,” tegasnya.

Sementara, Divisi Data Marten Efendi, meminta penyelenggara ditingkat adhock untuk melindungi semua mata pemilih yang memiliki hak mak pilih.

“Lakukan prinsip-prinsip pemutakhiran data pemilih seperti akurasi, komprehensif, mutakhir, insklusif, transparan dll,” ungkapnya.

Sementara, Ramzi mengingatkan akan penyelenggara pemilu untuk saling bersinergi dalam penyelenggaraan pemilu nanti.

Bimtek ini juga memberikan reward kepada PPK Pesisir Selatan atas akurasi tahapan pemetaan TPS.

Penulis : Syarif

 105 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *